Rabu, 03 Agustus 2016

BUSINESS PRACTICE 4


STUDY EXCURSION PERTI ASIA MALANG

TAMAN SAFARI INDONESIA II PRIGEN, PASURUAN – 
JAWA TIMUR

Malang 28 Juli 2016

                 Taman safari Prigen terletak di Desa Jatirejo, kecamatan Prigen, kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Taman Safari Indonesia II merupakan salah satu dari serangkaian Taman Safari Indonesia, Taman Safari Indonesia II ini berada pada area hutan terlindungi dan dihuni oleh berbagai macam jenis satwa.

          Taman Safari II ini didirikan pada tahun 1977. Terletak di kaki gunung Arjuna dengan ketinggian sekitar 600-800 di atas permukaan laut. Bagi pengunjung yang tidak menggunakan mobil pribadi. Pihak Taman Safari Indonesia IIjuga menyediakan bus khusus untuk berkeliling. Dalam jarak dua sampai tiga kilometer pengunjung baru bisa menemukan satwa yang dilindungi.


          Tujuan PERTI ASIA mengadakan study excursion ke Taman Safari II ini adalah untuk mengetahui tugas dari HRD, Sales Marketing, Finance, dan karyawan-karyawan lainnya. Selain itu juga mengetahui cara pembuatan pupuk kompos yang berasal dari kotoran hewan, pembuatan papan artikel dari kotoran gajah, pemuliabiakan Sapi Bali – BantengJawa, dan mempelajari mengenai satwa-satwa yang berada di Taman Safari II.


4 FUNGSI BISNIS
(Finance, Operasional, Marketing dan HRD)


HUMAN RESOURCE DEVELOPMENT

HRD atau Human Resource Development adalah bagian atau departemen dari perusahaan yang tugas utamanya mengelola sumber daya manusia di perusahaan.

TUGAS, Tanggungjawab dan Fungsi HRD dalam Perusahaan, antara lain :
1. Merekrut personal untuk posisi yang sesuai dengan kemampuan mereka
2. Memberikan pelatihan dan pengembangan staf
3. Monitoring kinerja dari setiap karyawan
4. Memutuskan pemberian pangkat jabatan dan kompensasi
5. Distribusi pembayran karyawan
6. Survei karyawan dan grading
7. Monitoring perlengkapan kesehatan dan keselamatan bagi karyawan
8. Trouble shooting dan pemecahan masalah bagi karyawan
9. Menjaga hubungan dengan setia karyawan
10. Membentuk tim untuk proyek-proyek tertentu


FUNGSI HRD :
Perencanaan, Pengorganisasian, Pengarahan, Pengendalian, Rekruitmen, Pengembangan, Kompensasi, Pengintegrasian, Pemeliharaan, Kedisiplinan, Pemberhentian.

SALES & MARKETING

Sales : Kegiatan menjual barang ata jasa dari produsen kepada konsumen atau distributor/perantara kepada konsumen.

Marketing adalah dari satu ke banyak. Menceritakan sebuah kisah mengenai perusahaan, produk, dan sebagainya ke banyak orang. Marketing memperlihatkan reputasi sebuah brand. Marketing menganalisa data besar, membawakan hasil rata-rata, tidak spesifik. Marketing mempelajari pengalaman apa yang diinginkan pelanggan ketika mereka membeli suatu produk, jasa, atau solusi. Marketing tidak harus mempromosikan harga special dan diskon, melainkan mengganti hal ini dengan penawaran special yang member nilai lebih.

Divisi SALES & Marketing : Dipimpin oleh Director of Sales & Marketing
Divisi SALES :
Disupervisi oleh Senior Account Manager
Terdiri dari : 3 Account Manager of Corporate, 3 Account Manager of Education, 3 Account Manager of Travel Agent, Sales Administration Staff.
Divisi Marketing :
Dipimpin oleh Head of Marketing
Terdiri dari : 1 Marketing Communication Manager, 1 Administration Staff, 2 Design Grafis, 1 Gust Relation Officer, 2 Tim Lukis & Event Creative dipimpin oleh SPV, 1 Administration Surabaya Office.

Kegiatan Sales & Marketing

SALES :
1. Melakukan visit setiap hari ke klien-klien sesuai segmentasi masing-masing (sales call)
2. Melakukan follow up terhadap business lead yang didapat, baik dari hasil sales call, dari tamu yang datang berkunjung ke TSI 2, maupun yang melalui incoming call
3. Membuat event order untuk klien yang akan mengadakan acara di TSI 2 sebagai sarana komunikasi dengan departemen terkait.
4. Menghandle group besar saat datang ke STI 2, untuk group kecil dapat didelegasikan ke GRO
5. Membuat laporan kunjungan & productivity

Marketing :
1. Melakukan kegiatan promosi melalui “Above The Line” dan “Below The Line”

Above the Line (ATL) : Target audiens yang luas, Lebih untuk menjelaskan sebuah konsep atau ide, Tidak ada interaksi langsung dengan audiens, Media yang digunakan TV, Radio, Majalah, Koran, Billboard.

Below the Line (BTL) : Target audiens terbatas, Media atau kegiatannya memberikan audiens kesempatan untuk merasakan, menyentuh atau berinteraksi, bukan langsung action membeli, Media yang digunakan Event, Sponsorship, Sampling, Trade promotion dll.

2. Social Media Utillzation
3. Bertanggungjawab untuk menjaga image positif TSI 2 di berbagai media & di kalangan masyarakat luas
Produk terbuat dari kotoran gajah

       





                    Bussiness Practice ini mampu memberikan pembelajaran yang bermanfaat bagi mahasiswa sehingga mahasiswa bisa terjun langsung ke perusahaan manufaktur, retail, dan jasa untuk mengetahui tugas dari masing-masing departemen. Kedepannya diharapkan lebih lagi mengembangkan pembelajaran yang sangat menarik ini. Dan yang mampu menuntut mahasiswa praktek ke dunia kerja langsung.



Terimakasih, semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar